Sunday, June 2, 2013

Hukum Vogadro

Amedeo AvogadroAmedeo Avogadro (1776-1856) pada tahun 1811 mengajukan sebuah hipotesis yang sejak itu telah dibuktikan dan sekarang dikenal sebagai hukum Avogadro. Dia menyatakan bahwa volume yang sama dari semua gas, di bawah tekanan yang sama dan kondisi suhu yang sama, mengandung sejumlah molekul yang sama. Avogadro lahir di Turin, Itali, berpraktik hukum, dan mempelajari fisika dan matematika.


Hipotesisnya diterbitkan dalam bahasa Perancis: Essai d'une maniere de determiner les masses relatives des molecules elementaires des corps, et les propositions selon lequels elles entrent dans les combinaisons.  Pertama kali muncul karyanya tidak diterima, tetapi teorinya belakangan diperkenalkan kembali, diterbitkan, dan diperlihatkan oleh Stanislao Cannizzaro k1826-1910) yang menggunakannya untuk menentukan bobot atom dari unsur-unsur yang berbeda.

Penyelidikan di kemudian hari menunjukkan bahwa jumlah molekul itu setiap grain dari suatu zat adalah 6.0221367 x1023, angka yang sekarang ini dianggap sebagai bilangan Avogadro atau konstarita Avogadro. Volume itu diambil per 1-gram molekul dari sembarang gas adalah sekitar 22.4 liter pada 1 tekanan atmosfer dan 0° Celsius.

No comments:

Post a Comment