Wednesday, June 5, 2013

Pemotong Rumput

Sejarah Penemu Mesin Pemotong Rumput

pemotong rumputPada abad 18 dan 19, perumahan-perumahan Inggris biasanya memiliki ladang hijau atau padang rumput yang secara alami dipangkas oleh kambing atau sabit besar ketika sudah rimbun. Dengan tumbuhnya daerah pedesaan di luar London yang dihubungkan oleh rel atau kereta kuda pada akhir abad 18, ukuran rumah yang semakin kecil mulai menandingi gaya pemandangan rumah-rumah bangsawan, dengan halaman rumput hijau yang digantikan dengan bata atau halaman yang dikeraskan yang merupakan ciri kota pada saat itu. Pangsa pasar pemangkas mekanis yang sedang tumbuh disadari oleh beberapa penemu.
Salah satu hak paten pertama dimiliki oleh Thomas Plucknett pada tahun 1805, dengan menggunakan sepasang roda gigi kereta yang ditarik seekor kuda untuk memutar sebuah pisau bundar besar yang dekat dengan tanah. Pada tahun 1830 Edwin Budding mengembangkan sebuah alat yang merupakan cikal bakal mesin pemotong rumput modern. Dengan didorong oleh satu orang, alat itu memiliki dua pasang roda bergerigi untuk memutar pisau pemotong yang melemparkan hasil potongan itu ke dalam sejenis nampan atau kotak kayu. Budding menyatakan bahwa kegunaan mesin itu bukan hanya memungkinkan orang desa untuk memangkas ladang rumput mereka tetapi juga memberikan bentuk latihan kesehatan.

Pada tahun 1832, perusahaan Ipswich, Ransome, memperoleh hak paten Budding dan mulai memasarkan model yang telah diperbarui itu, beberapa darinya menggunakan gerigi untuk menggerakkan pisau dalam gerak berputar yang sama seperti halnya perputaran roda dan untuk melemparkan hasil potongan itu ke keranjang di belakang. Tetapi, rancangan Budding yang berbahan dasar roda bergerigi tetap menjadi jenis pemotong rumput yang digerakkan tangan selama satu abad. Pemotong rumput bermesin uap untuk rumah-rumah yang luas dijual pada tahun 1893, dan pada tahun 1900, Ransome memperkenalkan model mesin berpembakaran internal dengan bahan bakar bensin, yang dilengkapi dengan tempat duduk untuk operatornya dan lobang potongan yang luas. Sepasang mesin pemotong rumput, dengan pisau ganda di belakang mesin pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1914.

No comments:

Post a Comment