Sunday, June 9, 2013

Parasut

Sejarah Penemu Parasut

Meskipun Leonardo Da Vinci (1452-1519) sudah membuat sketsa konseptual tentang parasut pada sekitar tahun 1485, penggunaan sesungguhnya yang pertama oleh orang yang turun dari pesawat terbang terjadi pada tahun 1797. Jacques Garnerin, yang menguji coba dengan balon hidrogen hasil rancangan Charles, melompat dari ketinggian sekitar 3000 kaki, dalam sebuah keranjang yang tergantung pada parasut yang dirancang menyerupai rusuk payung. Parasut itu berayun-ayun ke samping seiring keluarnya angin dari tangkapan parasut itu yang membuat Garnerin benar-benar sakit, tetapi ia mendarat dengan aman.

Demonstrasi balon udara-panas di depan umum mulai mengikutsertakan pertunjukan melompat dengan parasut. Pengembangan parasut pada dekade berikutnya mulai memperhatikan masalah pengeluaran udara agar parasut itu menjadi lebih stabil ketika turun dan dengan sistem lipatan bukannya rusuk. Dalam cara ini, sebuah tali yang disambungkan ke balon udara digunakan untuk mernbuka parasut.

Lompatan pertama dari pesawat terbang dilakukan pada tahun 1912 di St. Louis, dengan menggunakan tali yang disambungkan ke pesawat untuk membuka parasut, ini sama dengan yang digunakan sebelumnya dalam pertunjukan balon udara. Parasut rip-cord (tali-renggut) yang pertama yang dikenal dengan Stevens Life Pack, dipertunjukkan beberapa bulan kemudian pada tahun 1912, tetapi tidak sampai 1919 model parasut seperti ini dirancang dan diujicoba untuk kegunaan militer.

No comments:

Post a Comment