Friday, June 7, 2013

Tangga Luncur

Meskipun pengangkutan dan konstruksi tangga luncur telah ada sejak zaman Mesir kuno, sangat jarang mereka digunakan untuk mengangkut orang. Tali-tali yang digunakan untuk menopang tangga luncur bisa dan seringkali putus, dan rasa takut adanya kecelakaan seperti itu mencegah penggunaan tangga luncur untuk mengangkut orang. Di kebanyakan kota, sedikit gedung yang dibangun sampai lima lantai, karena menaiki tangga sampai lebih dari lima lantai terlalu melelahkan bagi rata-rata orang.

Halangan dalam pengembangan tangga luncur untuk penumpang bukanlah mekanisme tangga luncur itu melainkan isu keselamatan. Elisha Graves Otis (1811-1861) pada dasarnya telah menyelesaikan masalah keamanan pada tahun 1852. Sebuah pekerjaan mekanis untuk perusahaan tempat tidur di Yonkers, New York, Otis merancang sebuah "kerekan pengaman" yang memberikan pegangan aman yang bisa rnenjaga kereta agar tidak jatuh jika tali atau kabelnya putus. Dia membuat sebuah toko tangga luncur yang kecil di Yonkers pada tahun 1853 dan menjual tangga luncur yang pertama pada tanggal 20 September 1853, untuk dipakai dalam pengangkutan. Untuk mempublikasikan penemuannya, Otis membuat pertunjukan besar-besaran pada bulan Mei 1854 pada pameran yang diadakan di Istana Kaca New York City. Di sana ia membangun sebuah tangga luncur yang terbuka dan luas dan akan menaikkan dirinya di atas para penonton yang berkumpul. Kemudian dia akan memberi sinyal untuk memotong talinya, dan tangga luncur itu akan berhenti dengan aman. Pertunjukan publikasi itu berjalan baik, dan dia segera mendapatkan semakin banyak pesanan.

Otis pertama kali memasang tangga luncur untuk penumpang pada tangga 23 Maret 1857, di toko serba ada E. V. Haughwout and Company di New York. Dengan pengembangan terus menerus terhadap proses Bessemer untuk pembuatan baja, jalan terbuka untuk pembangunan gedung-gedung tinggi atau pencakar langit, dan cakarawala New York Modern dan kota-kota lainnya mulai muncul pada beberapa dekade berikutnya. Bersama-sama, konstruksi baja dan tangga luncur yang aman mengubah tata kota, memungkinkan konsentrasi bisnis, tempat tinggal, keuangan, dan industri dalam sebuah tempat kecil di dalam kota.

Otis mematenkan mesin uap yang dikontrol secara independen untuk menggerakkan tangga luncur itu pada tahun 1861, tahun kematiannya. Kedua putranya, Charles dan Norton, melanjutkan pekerjaan perusahaan itu, mendirikan Otis Elevator Company. Perusahaan itu pertama kali memasang tangga luncur di Menara Eiffel, yang dimulai tahun 1887, dan pada tahun 1889 menjadi salah satu fitur yang paling populer dari Paris Universal Exposition pada tahun itu.

Tangga luncur hidrolis, bekerja dengan prinsip yang berbeda, pertama kali dibuat pada tahun 1878. Bukannya menopang kereta atau panggung dari sebuah kabel, tangga luncur itu menaikkan dan menurunkannya dengan menggunakan penghisap hidrolis.

Dengan pemasangan sistem daya listrik utama di New York oleh Thomas Edison untuk memberikan daya untuk lampu listrik, dan dengan pengembangan motor listrik dan pembangkit listrik dalam skala besar, penggantian daya uap dengan daya listrik menjadi mungkin dilakukan. Pada tahun 1889 tangga luncur listrik pertama dipasang, dan sistem otomatis yang memungkinkan tangga luncur itu bergerak lanpa pembantu dikembangkan pada tahun 1894. Pada tahun 1949-1950 dipasanglah sistem pengiriman yang benar¬benar otomatis yang mampu mengangkat sebuah tepian dari dua tangga luncur atau lebih.

No comments:

Post a Comment