Tuesday, June 4, 2013

Pelubang Kartu

Sejarah Penemu Mesin Pelubang Kartu

Herman HollerithMesin pelobang kartu dan pembaca kartu ditemukan pada tahun 1880-an oleh Herman Hollerith (1860-1929), seorang penemu berkebangsaan Amerika dan bekerja di Kantor Sensus AS. Sistem yang ia temukan digunakan untuk merekam informasi dalam sensus Baltimore tahun 1886, dan kemudian secara nasional digunakan untuk sensus tahun 1890. Tabun 1896 ia mendirikan Tabulating Machine Company, yang akhirnya tumbuh menjadi International Busines Machines (IBM)Corporation. Mesinnya benar-benar berhasil di Amerika Serikat maupun di Eropa, sehingga bisa memangkas biaya kerja dalam mengumpulkan data statistik. Mesin itu dikenal di Inggris sebagai Mesin Hollerith.
Dia mcrancang kartu yang sama dengan ukuran uang kertas dollar yang ada saat itu (sekitar 7.387 inchi dan 3,25 inchi) sehingga ia bisa memasukkan perlengkapan penyimpanan uang yang ada dalam mesinnya. Dengan menggunakan papan tombol mesin ketik, mesin pelobang kartu itu akan melobangi kertas itu dan ketika dimasukkan ke mesin, kontak elektris melalui lobang-lobang itu akan menutup sirkuit, memberi kesempatan penghitungan kepada tabulator elektromagnetik. Pertama-tama banyak dari prosedur itu, termasuk memasukkan kartu yang telah dipilih ke dalam tempat penyimpanan, yang dilakukan dengan tangan. Belakangan mesin itu memasukkan lebih banyak masukan-kartu yang dimekanisasikan dan menyediakan tambahan dan pengeluaran data.

James Powers, salah satu insinyur yang bekerja di Kantor Sensus, menemukan sistem pelobang kartu alternatif pada t ahun 1906. Powers memenangkan sebuah komisi untuk mengembangkan mesin pelobang kartu otomatis, dan ia mengembangkan mesin itu dari tahun 1907 sampai 1909. Powers membangun perusahaannya pada tahun 1911. Perusahaan Powers bergabung dengan perusahaan mesin ketik Remington pada tahun 1927, dan pada tahun 1955 perusahaan itu bergabung dengan Sperry, pembuat kompas gyro, untuk membuat Sperry Rand.

No comments:

Post a Comment