Tuesday, June 4, 2013

Kawat berduri

Sejarah Penemu Kawat berduri

Kawat berduri mesin pembuatnya pertama kali dipatenkan pada tahun 1873, meskipun tipe kawat berduri buatan tangan telah dibuat pada enam atau tujuh tahun sebelumnya di Midwest Amerika. Para petani mencari bentuk pagar yang murah untuk mencegah ternak agar tidak masuk ke ladang tanaman. Di Illinois, semak-semak berduri, jeruk Osage, menjadi pagar tanaman berduri yang bisa digunakan dengan baik, tetapi mencangkok dan menanam tumbuhan itu membutuhkan waktu lama. Mungkin ide pertama untuk membuat pagar berduri berasal dari upaya untuk mencontoh duri tanaman ini, gagasan yang diyakini kebenarannya setelah adanya kawat berduri di suatu tempat di mana tanaman jeruk Osage telah digunakan. Henry M. Rose mengembangkan sebuah jenis kawat berduri dan menunjukkannya pada tahun 1873 di sebuah pameran pedesaan di Dekalb, Illinois.
Beberapa laki-laki yang mengunjungi pameran itu pulang dengan gagasan untuk penyempurnaan dalam pembuatan kawat itu. Joseph Glidden mendaftarkan paten pada bulan Oktober, dan Jacob Haish mendaftarkan paten yang berbeda pada bulan Desember tahun 1873. Glidden membuat kerjasama dengan pedagang barang-barang logam, Issac L. Ellwood. Glidden kemudian menjual sahamnya kepada Wasburn and Moen Manufactoring Company, di Worcester, Massachusetts. Haish
dan Wasburn/ Moen terlibat dalam pertengkaran hak paten, tetapi Hais akhirnya mendapatkan keuntungan dari menyewakan kawat berduri, membuat perlengkapan untuk banyak firma. Pada akhir abad 19 ada sekitar 400 tipe kawat berduri.

Selain sebagai tambahan untuk kegunaannya dalam mengurung dan memagari peternakan, kawat berduri menjadi banyak digunakan di medan perang, terutama selama Perang Dunia I, ketika kawat itu digunakan untuk mencegah serangan pasukan infanteri yang berbeda dengan parit perlindungan dan posisi pertahanan lainnya. Bersama peralatan perang modern lainnya, termasuk senapan mesin, kawat berduri banyak membantu selama tiga tahun jalan buntu di Western Front selama Perang Dunia I di mana ratusan ribu tentara terbunuh.

Pada abad 20, kawat berduri digunakan untuk keperluan lain. Pada awalnya dimaksudkan untuk memagari peternakan di dalam atau di luar sebidang tanah, kawat berduri merupakan benda ideal untuk bangunan pagar halaman tertutup yang murah yang digunakan untuk menahan orang-orang di penjara dan kamp penjara. Yang serupa, ketika dibentangkan naik ke atap, pagar yang saling berkaitan, kawat berduri menjadi alat yang efektif dan relatif murah untuk mengusir orang-orang dari daerah yang dijaga.

No comments:

Post a Comment