Sunday, June 9, 2013

Mesin Pemanen

Sejarah Penemu Mesin Pemanen McCormick

Cyrus McCormick (1809-1884) mengembangkan mesin pemanen ketika ia berusia 22 tahun. Ia melakukan demontrasi cara kerja mesin yang diberi nama sesuai dengan namanya itu pada tahun 1831. Dia mampu memotong 6 hektar gandum dalam satu hari. Pemanen itu ditarik oleh empat kuda dan mampu melakukan pekerjaan enam orang laki-laki. Mesin itu tidak memotong secara rata dan merusakkan banyak tangkai gandum. Tetapi McCormick terus memperbaiki mesin pemanen itu, dan mematenkannya pada tahun 1834. Sebenarnya, pemanen itu jauh lebih lebar daripada versi pemotong rumput yang dikembangkan pada saat yang sama, tetapi ditujukan untuk memotong hasil bumi dan bukan sekedar untuk meroniokkannya.

Mesin pemanen itu menggunakan beberapa gunting pemotong. Mesin yang ditarik kuda, beroda dua, dan seperti kereta kuda itu memiliki kapak sepanjang 6 kaki. Di bawah kapak itu ada sebilah palang besi datar, yang sejajar dengan kapak dan jaraknya beberapa inchi di atas tanah, menopang jari-jari baja yang memisahkan tangkai-tangkai biji ke dalam kelompok-kelompoknya. Di dasar jari-jari itu pisau bergerigi bergerak menyilang untuk memotong tangkainya. Kekuatan yang menggerakkan gunting itu dihasilkan dari salah satu roda yang berputar.

Meskipun mesin pemanen itu bisa bekerja dengan baik dan benar-benar menghemat biaya tenaga kerja, alat itu tidak bisa dijual dengan keuntungan banyak karena tingginya harga besi dan adanya kekacauan keuangan yang menyebabkan para petani Amerika bangkrut.

Meskipun demikian, McCorwick mulai menjual mesin-mesin itu pada tahun 1841. Setelah sebelumnya perakitan mesin dilakukan di beberapa bengkel, McCorwick memilih Chicago sebagai tempat untuk mendirikan pabriknya. Pada tahun 1851 McCorwick telah menjual 1000 mesin pemanen, dan pada tahun 1857 ia menjual 23000 buah. Dia kemudian terlibat dalam banyak urusan pelanggaran hak paten yang tampaknya ia nikmati.

Mesin pemanen gandum ini merevolusi pertanian Amerika, sehingga memungkinkan pengembangan ladang gandum yang luas dan meretas jalan untuk perubahan dari pertanian keluarga menjadi perusahaan pertanian dalam skala besar, terutama di mana tanahnya relatif datar dan bebas dari bebatuan, seperti di Midwest dan West. Mesin McCorwick membantu Chicago menjadi pelabuhan ekspor gandum utama.

Mesin pemanen gandum sering kali dicatat sebagai penyebab menurunya harga hasil pertanian pada abad 19 dan perluasan besar-besaran atas daerah penghasil gandum. Bersama dengan transportasi yang menggunakan kereta uap dan kapal uap, serta munculnya pasar nasional dan internasional, pengaruh sosial ini menghasilkan ketidak menentuan dan kekacauan politik di daerah pertanian West berkaitan dengan munculnya populisme dan gerakan pembaharuan lainya.

No comments:

Post a Comment