Tuesday, June 11, 2013

Thermocouple

Sejarah Penemu Thermocouple

Pada tahun 1821 seorang ahli fisika Jerman bernama Thomas Seebeck (1770-1831) menemukan bahwa   ketika sebuah simpul logam dibuat dari dua logam berbeda dan dipanaskan akan menghasilkan arus listrik kecil yang searah dengan arus panas. Prinsip ini kemudian dikenal sebagai efek Seebeck. Penemuan ini kemudian mengarahkan kepada sejumlah peralatan terutama thermocouple'

Sebuah thermocouple bisa digunakan untuk mengukur panas dengan sangat tepat dengan cara mengukur arus listrik yang dihasilkan dari dua bilah logam itu. Meskipun berbagai logam dan logam campuran bisa digunakan, thermocouple yang paling akurat untuk mengukur suhu adalah yang dibuat dari platina dan campuran platina. Satu aspek yang memuaskan dari thermocouple adalah bahwa suhu sebuah bejana atau suatu objek tertentu bisa dibaca pada jarak tertentu melalui sistem kabel listrik yang sedang bekerja dari thermocouple ke meteran analog atau digital.

Selama Perang Dunia II, thermocouple yang dipanaskan dengan lampu kerosin ukuran kecil digunakan untuk menyediakan catu daya untuk radio lapangan. Pada zaman perjalanan angkasa, efek Seebeck digunakan untuk membuat pembangkit listrik radio tenaga panas (radio-thermal-generator) atau RTG, yang bisa menyediakan catu daya untuk perjalanan jarak jauh satelit ruang angkasa. Sebuah isotopi radioaktif dengan periode kerusakan yang lama akan digunakan untuk membangkitkan panas, dan sebuah simpul dari dua logam akan menghasilkan listrik untuk memberi daya kepada radio dan peralatan lain yang berada di pesawat ruang angkasa.

3 comments:

  1. semoga sukses dengan artikel nya dan website nya terus ya gan
    togel sgp

    ReplyDelete
  2. makasih info nya guys sangat berguna



    Jasa sadap handphone. berbagai fitur dan berbagai tipe HP.

    Bisa untuk HP :

    - IPHONE.
    - ANDROID.
    - NOKIA.
    - BLACKBERRY.
    - WINDOWS PHONE & MOBILE
    - SYMBIAN (tidak tersedia)

    (Sadap data komunikasi)


    - SADAP PANGGILAN SUARA
    - SADAP SMS & MMS
    - SADAP FOTO/ VIDEO
    - SADAP EMAIL
    - SADAP SUARA SEKITAR
    - SADAP CHAT FACEBOOK
    - SADAP WHATSAPP, LINE, TELEGRAM, SKYPE
    - SADAP BBM (BLACKBERRY MESSENGER) (tidak tersedia)
    - SADAP LOKASI

    Kunjungi: PENYADAP.COM
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .

    ReplyDelete